VMX.ID-Motocross adalah bentuk olahraga sepeda motor atau balap bermotor off road roda dua diadakan pada sirkuit offroad terbuka atau tertutup (stadion ). Perputaran evolusi, mulai dari percobaan, mengacak spesifikasi hingga menguji perpaduan antara motor di alam bebas. Bahkan sebutan Dirtbike, terinspirasi motor keluar masuk perkebunan, hutan dengan penuh lumpur.

Populer di jamannya

Motocross pertama kali berevolusi di Britania Raya dari sepeda motor uji  kompetisi, seperti auto siklus putaran pertama pada tahun 1906 dan sixth days scotlandia yang dimulai pada tahun 1909. Saat itu kemasan masih mengacak antara lintasan flat dan beberapa hambatan atau jumpingan. Saat itu hambatan dalam perlombaan motocross di jamannya masih terbatas pada Step On dan table Top. Perbandingan kombinasi flat track dengan gundukan tanah ( table top ) masih cenderung landau dan banyak diperkuat rintangan Step On ( lompatan kecil ).

Pembalap di era itu, mengandalkan over taking pada bagian track seperti Bermed Corner. Bagian adegan di sudut tikungan yang dimana sisi luar tikungan terdapat tanah agak tinggi ini menjadi idola pembalap saaat itu.

Hiburan dan menjadi industri

Sejarah event motocross bermula dari perancis yang terciptanya sebuah nama motorcyclette. Selanjutnya seiring menyebarnya ke beberapa negara – negara di daratan Eropa lalu uncul sebeutan Motocross.  Kejuaraan pertama kalinya berlangsung di Camberley, Surrey di tahun 1924. Puncak semakin berkembangnya Motocross dimulai 1930 di wilayah kerajaan Inggris. Saat itu, hadir pabrikan motor seperti Birmingham Arms (BSA),NORTON,Matchless ,Rudge , dan AJS berkompetisi di kejuaraan Off-road nya sepeda motor.

Seiring semakin seringnya terselenggara event balap, Frame rigid pada motor kometiis saat itu mulai ada perubahan teknis. Salahsatunya adalah bagian kaki-kaki seperti suspense ( 1930 ) dan lengan ayun di awal 1950 an.

Beberapa tahun sebelum didirikan line produksi sepeda  motor,  periode setelah Perang dunia ke 2. Dominasi BSA menjadi pabrikan yang telah menjadi perusahaan sepeda motor terbesar di dunia. BSA menjadi pilihan pembalap yang berkompetisi internasional sepanjang tahun 1940-an.

Tampilan riding gear dimasanya

Perkembangan kompetisi dan seiring dengan perkembangan spesifikasi motor balap, ditahun 1952 FIM ( Federation International Motorcycle ) membuat regulasi kompetisi untuk kali pertama. Badan internasional sepeda motor sebagai regulator ini kemudian membuat kejuaraan tingkat Eropa,Kapasitas mesin di maksimalkan 500cc. Seiring perkembangan kualitas dan kuantitas, FIM menaikan strata naik level ke kejuaraan dunia di tahun 1962. Katagori kelas yang di siapkan di 250cc. Saat itu Husqvarna ( Swedia ), CZ ( Cekoslowakia ) dan Greeves dari Ingggris. Pabrikan tersebuat, menyiapkan produk motor 2 Tak yang telah menjadi trending karena ringan dan lincah.

Puncak kemajuan teknologi mesin 2 Tak di tahun 1960-an, Ketika motocross diperkenalkan ke Amerika Serikat. Ketika itu di tahun 1966, pembalap Swedia Torstenn menguasai puncak podium. Setelah itulah muncul kroser handal asal Amerika seperti :  Hallman Torstenn diikuti oleh Roger Decoster , Joel robert , dan Dave Bickers. Mereka adalah enam besar di kompetisi Motocross Amerika yang merupakan cikal bakal kompetisi AMA saat ini.

Pada akhir 1960-an, pabrikan Jepang memulai persaingannya dengan pabrikan Eropa. Pabrikan Jepang semakin bersemangat ketika Joel Robert memenang kejauraan di tahun 1970 untuk kelas 250cc. Sejak saat itu, mulai 1970-an dan awal 1980-an, merk motocrosss Jepang meraih penjualan terbaik dengan teknologinya. Pabrikan Jepang dengan tampilan spesifikasi mesin dua langkah, berpendingin udara berikut monoshok.

Event motorcross pertama diadakan didalam stadion pada tahun 1972 di Los Angeles . Pada tahun 1975, kelas 125 cc bertitel kejuaraan dunia mulai diselenggarakan. Trend penyelenggaraan kompetisi motocross dengan menyula stadion menjadi lay out sirkuit Motocross dan Supercross terus berkembang maju sampai saat ini.

Pada akhir 1960-an, perusahaan sepeda motor Jepang mulai menantang pabrik-pabrik Eropa untuk supremasi di dunia motorcross.SUZUKI mengklaim kejuaraan dunia pertama untuk pabrik Jepang ketika Joel Robert memenangkan 1970 250 cc mahkota. Stadion acara motorcross pertama diadakan pada tahun 1972 di Los Angeles . Pada tahun 1975, sebuah 125 cc kejuaraan dunia diperkenalkan. pengendara Eropa terus mendominasi motorcross sepanjang tahun 1970-an namun, oleh 1980-an, pengendara Amerika sudah menyusul dan mulai memenangkan kompetisi internasional .

Pada tahun 1990, muncul kebiajakan baru dengan alasan agar lebih ramah lingkungan, mewajibkan produsen motor harus bermesin 4 Tak. Pabrikan Eropa dan Jepang memulai era empat langkah. Produsen motor Eropa dan Jepang berlomba mengembangkan teknologi motor 4 tak, dengan pembuktian di ajakng kompetisi.

Pemerintah seluruh dunia di tahun 2003, memperketat undang-undang lingkungan hidup. Di dunia Motocross, brad Eropa seperti Husqvarna, KTM, Husaberg selangkah lebih berprestasi dari motor Jepang.Merk Eropa tersebut mulai mendominasi kemenangan di setiap kejuaraan.

 Olahraga motocross mulai berevolusi dengan mengemas event Supercross dan Motocross dilaksanakan didalam ruangan. Pengembangan kelas di ajang supercross di tambah dengan kelas FMX atau Freestyle Motocross. Kemudian dalam spek motor yang serupa dengan motocross, di buka katagori Supermoto. Dengan  perubahan spesifikasi pada ban  berikut setingan lainnya, kini Supermoto berkembang menjadi salah satu pilihan kelas kompetisi.

Olahraga ekstrim motocross saat ini sedang mewabah di Indonesia berpatokan kepada banyaknya komunitas hobi bermotor ekstrim. Aktivitas ekstrim ini terutama di wilayah dengan ekosistem pegunungan dan hutan. Kebanyakan memang berbasis motor trail atau jenis endure untuk merk bill up.

Perlu diketahui, bagi orang awam sepintas kemiripan antara motor motocross dengan enduro,padahal ada perbedaan. Motor off road dibagi menjadi dua jenis yaitu motocross dan enduro. Jenis motocross biasanya digunakan di lintasan jarak pendek yang diberi berbagai rintangan. Tangki bahan bakar berukuran kecil disematkan di motor ini untuk menjaga agar bobotnya tetap ringan. Suspensi dirancang dengan ukuran yang tinggi agar motor ini dapat melompat dengan berbagai ketinggian.

Jenis motor off road yang kedua adalah enduro. Motor jenis ini biasanya didesain dengan berbagai kelengkapan seperti lampu, klakson, dan lampu sign. Motor enduro dirancang dengan ukuran tangki yang besar agar dapat menampung bahan bakar lebih banyak. Tipe olahraga enduro sendiri biasa memakan waktu satu hingga dua hari, karena tujuannya adalah uji ketahanan fisik pengendara dan motornya.

Menunggang motor sejenis ini memang mengasyikan dan sangat memacu adrenalin, apalagi jika melaju diatas track tanah, lumpur, atau bebatuan yang tidak rata. Motor biasa tidak akan mampu untuk melewati track  seperti ekstrim ini, oleh karena itu diciptakanlah motor off road yang salah satunya adalah motocross.

Motor off road dibagi menjadi dua jenis yaitu motocross dan enduro. Jenis motocross biasanya digunakan di lintasan jarak pendek yang diberi berbagai rintangan. Tangki bahan bakar berukuran kecil disematkan di motor ini untuk menjaga agar bobotnya tetap ringan. Suspensi dirancang dengan ukuran yang tinggi agar motor ini dapat melompat dengan berbagai ketinggian.

Jenis motor off road yang kedua adalah endure didesain dengan berbagai kelengkapan seperti lampu, klakson, dan lampu sign. Tangki bahan bakar endure di desain lebih besar untuk mendukung jarak berkendara adventure.Sesuai jenisnya motor enduro di persiapkan untuk berkendara durasi ketahanan fisik pengendara dan motornya. Nah, saatnya memahami sebuah kebutuhan, mau hobi dan prestasi.

Previous articlePemula, Ini Tips Buat Anda yang Ingin Trabasan Pakai Motor Trail, Barang-barang Ini Perlu Anda Miliki
Next articleREVIEW: Oli Ipone Katana Off Road, Beneran Nih Bisa Bikin Mesin Motor Trail Awet?

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here