Suspensi Motor Trail (image source: trialgame.id)

NEWS.VMX.ID – Sebagai pengendara motor trail, untuk trabasan yang lebih maksimal Anda perlu memperhatikan berbagai komponen dalam motor. Semua elemen komponen yang bekerja akan membantu Anda dalam berkendara supaya selamat hingga tujuan.

Salah satu komponen dalam motor trail yang harus Anda perhatikan adalah suspensi. Suspensi pada motor trail berfungsi untuk menyerap goncangan yang terjadi ketika motor melalui berbagai macam jalur yang sulit seperti jalur berbatu, berlumpur, atau berbukit. Suspensi juga berperan untuk menjaga roda agar tetap bergerak stabil pada permukaan. 

Anda harus waspada apabila motor trail Anda mengalami masalah seperti kondisi shock absorber yang aus atau rusak serta peredam kejut yang tidak berfungsi dengan baik, hal ini dapat menyebabkan suspensi pada motor trail Anda berfungsi secara tidak stabil. 

Kenali 6 cara yang dapat Anda lakukan untuk menjaga suspensi motor trail Anda tetap stabil:

1. Sesuaikan Pre-load Suspensi

image source: trialgame.id

Pre-load suspensi mengacu pada jumlah tekanan awal pada suspensi ketika berada dalam posisi diam. Apabila semakin banyak pre-load yang diatur, maka suspensi akan semakin keras. 

Namun apabila pre-load terlalu banyak atau terlalu sedikit, maka suspensi tidak akan berfungsi dengan baik sehingga kinerja suspensi akan tidak stabil. 

Maka dari itu, pastikan Anda dapat menyesuaikan pre-load suspensi dengan baik dan benar sesuai dengan berat badan dan kebutuhan Anda sebagai pengendara. 

2. Atur Damping Suspensi

image source: suspensionsecrets.co.uk

Damping suspensi berfungsi untuk mengatur seberapa cepat suspensi akan bergerak ketika menerima guncangan yang terjadi saat berkendara. 

Apabila pengaturan damping tidak tepat, hal ini dapat mengakibatkan suspensi terlalu empuk atau keras sehingga suspensi tidak dapat bekerja dengan baik dan stabil. 

Maka dari itu, pastikan Anda harus menyesuaikan damping suspensi sesuai dengan kecepatan dan jenis medan yang ditempuh. 

3. Periksa Tekanan Udara pada Suspensi

image source: dirtrider.com

Tekanan udara pada suspensi akan mempengaruhi kinerja suspensi. Apabila tekanan udara terlalu tinggi ataupun terlalu rendah, hal ini dapat membuat suspensi bekerja kurang baik dan tidak stabil. 

Maka dari itu, pastikan Anda sudah menyesuaikan tekanan udara pada kedua suspensi motor trail Anda sesuai dengan rekomendasi dari produsen motor. 

4. Periksa Komponen Suspensi 

image source: dirtrider.com

Sebelum Anda mulai berkendara, sebaiknya Anda harus memeriksa terlebih dahulu kondisi komponen suspensi secara berkala seperti shock absorber, per kek, dan per bushing

Maka dari itu, Anda harus dapat memastikan bahwa komponen suspensi Anda tidak aus atau rusak sehingga suspensi dapat tetap berfungsi dengan baik dan kinerjanya pun dapat tetap stabil.

5. Sesuaikan Riding Style

image source: news.vmx.id

Setiap pengendara memiliki gaya berkendara yang berbeda-beda. Anda dapat menentukan sendiri gaya berkendara Anda sesuai dengan selera dan kebutuhan Anda. 

Namun, di balik itu semua, gaya berkendara Anda dapat memengaruhi suspensi motor trail Anda. Sehingga, suspensi harus dapat disesuaikan dengan gaya berkendara Anda.

Oleh karena itu, apabila Anda sering melakukan jumping atau melintasi jalur yang sulit dan kasar, Anda harus memastikan bahwa suspensi telah diatur dengan baik agar dapat menyerap guncangan dengan baik. 

6. Sesuaikan Beban

image source: dirtrider.com

Suspensi pada motor trail harus dapat disesuaikan dengan beban yang dibawa. Apabila Anda membawa beban yang berat, pastikan Anda telah mengatur suspensi dengan baik sehingga dapat menyesuaikan dengan beban yang Anda bawa tersebut. 

Kesimpulan 

Apabila suspensi bekerja dengan baik dan stabil, Anda akan dapat merasakan kenyamanan berkendara yang optimal. Namun apabila suspensi masih bermasalah setelah Anda mengaturnya, Anda harus membawa motor trail Anda ke bengkel untuk pemeriksaan dan perawatan lebih lanjut.  

Previous articleAkhirnya IMI Jawa Barat Buka Suara Terkait Permasalahan Ranca Upas
Next articleKenali 4 Cara Mendapatkan Uang dari Balap Dirt Bike

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here