VMX MEDIA – Ini adalah kopling KTM. Itu datang dalam dua versi yang berbeda — satu untuk 450 empat-tak dan 250 dua-tak dan yang lainnya untuk 350 empat-tak, 250 empat-tak dan 150/125 dua-tak.

Orang sering bertanya mengapa sangat menyukai KTM, Husqvarna dan GasGas. Mereka ingin tahu apa yang membuat clutch ini begitu berbeda dengan clutch merk lain. Mari kita perjelas, cengkeraman standar pada sebagian besar sepeda Jepang dibuat dengan teknologi terbaik yang tersedia pada tahun 2006. Hanya ada satu pemimpin dalam desain kopling modern, dan itu hadir pada mesin KTM, Husqvarna, dan GasGas 2023. Kopling ini unggul di atas kopling lainnya yang mulai disadari oleh merek-merek Jepang.

Berikut penjelasan, mengapa kopling KTM berbeda dan banyak di copy dan beberapa brand aftermarket juga menyiapkan komponen versi alternatif dari produk original :

(1) Dilengkapi dengan rumah kopling baja yang tidak pernah lekukan dan akan bertahan selama memilikinya, tidak seperti rumah kopling aluminium pada Honda, Suzuki, dan Kawasaki. rumah kopling baja tidak hanya lebih kuat, tetapi juga bisa lebih ringan karena tidak membutuhkan banyak logam.

(2) Tidak seperti kopling dengan enam pegas koil terpisah, kopling Austria menggunakan satu Washing Belleville bertangkup besar yang memberikan tekanan yang sama di seluruh permukaan pelat tekanan.

(3) Mesin wash Belleville dapat dimuat sebelumnya untuk tegangan lebih atau kurang dengan memutar cakram berundak pada pelat tekanan.

(4) Kopling KTM/Husky/GasGas diaktifkan oleh master silinder hidrolik dan unit pendukung yang menyesuaikan sendiri saat menggunakannya. Untuk model motorcross KTM dan Husqvarna 2023 menggunakan sistem hidrolik Brembo dan, jika mendapatkan GasGas 2023 dari batch pertama dari jalur perakitan, akan memiliki unit master silinder dan slave Brembo. Namun, jika mendapatkan motor produksi dengan silinder masterrem dan unit pendukung BrakeTec. Ini efek sulitnya mengirim pasokan saat jalur terputus akibat pendemi.

Nah, Brembo tidak bisa memasok semua suku cadang kopling yang dibutuhkan untuk memenuhi permintaan produksi KTM, Husqvarna, dan Gas Gas. Alih-alih menunda pengiriman motor ke dealer lebih lama dari yang diperlukan, Grup KTM harus mengubah spesifikasi dan Braktec, yang menangani pemasangan rem dan kopling pada beberapa model off-road Husqvarna mendapat referensi untuk memasok GasGas produksi berikutnya dengan model dengan sistem mereka.

Tidak tahu hidrolik kopling apa yang dimiliki GasGas terbaru, lihatlah bagian cetakan halus di atas silinder master kopling. Pada kopling khas Jepang Anda harus melepas gigi utama dengan mengebor paku keling untuk memindahkannya ke keranjang baru.

(5) Keranjang kopling baja bermesin CNC memiliki roda gigi utama yang dikerjakan ke dalam billet baja (alih-alih memukau roda gigi utama terpisah ke bagian belakang keranjang kopling aluminium cor seperti bies dari Jepang).

(6) Pengendara yang membakar cengkeraman KX450, CRF450, YZ450F atau RM-Z450 edisi standar dalam empat moto akan pergi berbulan-bulan dengan kopling washer Belleville khas KTM.

Juga ada kopling DDS (Damped Diaphragm System) yang hadir pada KTM 450SXF dan 250SX dua langkah (juga hadir pada model Husky dan GasGas tertentu). Enam peredam karet berbentuk ginjal (salah satunya ditunjukkan di bagian bawah foto) melindungi kopling dari guncangan akselerasi.

Model kopling. Ada dua jenis cengkeraman hidrolik KTM/Husky/GasGas. Pertama, 450 empat langkah dan 250/300 dua langkah hadir dengan kopling DDS (Damped Diaphragm System) yang dioperasikan oleh mesin cuci Belleville. Ini memiliki bantalan bantalan karet di dalamnya untuk mengurangi sentakan saat mesin yang lebih bertenaga menghantam. Kedua, kopling mesin empat langkah 250/350 disebut kopling DS (Sistem Diafragma). Ini berbeda dari kopling DDS 450 karena tidak mendapatkan hub bantalan karet yang diredam. Mengapa tidak? Mesin 250/350 tidak perlu meredam sentakan setiap gigi karena profil tenaganya yang lebih rendah.

Seperti inilah rupa washing belleville, alih-alih lima atau enam pegas koil terpisah, seperti pada kopling biasa, pegas washer Bellevile memberikan tekanan yang sama ke pelat tekanan KTM.

washing Belleville, pada dasarnya adalah mesin cuci besar yang memberikan tekanan pegas saat dikompresi. Kopling washer Belleville pertama hadir dengan pegas 250 N/m pada tahun 2012. Itu dinaikkan menjadi 280 N/m pada tahun 2014. Dengan mesin yang lebih bertenaga saat ini, mesin cuci Belleville 450 tahun 2021 sekarang memiliki peringkat 295 N/m, sementara Mesin cuci 250/350 adalah 270 N/m. Insinyur Austria sebenarnya tidak mengklasifikasikan tekanan pegas washing Belleville, dalam N/m, lebih suka menyebutnya “torsi selip”, tetapi demi kejelasan, torsi selip adalah jumlah tekanan pegas yang diperlukan untuk mengontrol pelat tekanan dan pegangan permukaan gesekan.

Tekanan tuas. Satu kelebihan besar dari bentuk cupped mesin cuci Belleville adalah kekakuan maksimum pada bagian awal gerakan tuas kopling, tetapi semakin jauh pengendara menarik tuas kopling, semakin rata bentuk kerucut dari mesin cuci yang dibekukan, yang berarti bahwa , tidak seperti kopling yang dioperasikan dengan pegas, kopling Belleville-washer semakin mudah ditarik semakin jauh Anda menariknya. Ini mengurangi kelelahan tangan. Pada tahun 2019, Kawasaki beralih ke kopling yang diaktifkan secara hidrolik dan untuk tahun 2020 meminjam desain pegas mesin cuci KTM Belleville, tetapi menyebutnya sebagai “kopling pegas cakram berbentuk kerucut” agar tidak terlihat seperti meniru desain KTM, yang memang mereka lakukan. Namun, mereka tidak menyalin keranjang kopling baja mesin CNC / kombo gigi utama. Tetapi untuk tahun 2023 Yamaha menyalin seluruh kit-and-kaboodle (keranjang baja bermesin CNC, roda gigi utama yang digiling, dan pegas washer Belleville pada YZ450F), tetapi tetap menggunakan pengoperasian kabel, bukan hidraulik.

Takik pada tang keranjang kopling cor ini disebabkan oleh pelat penggerak logam yang membentur tang aluminium selama akselerasi. Aksi mulus kopling di keranjang ini akan sangat menderita karena pelat kopling tersangkut di punggung bukit.

Bentukan. Keranjang kopling baja billet akan bertahan lebih lama dari keranjang kopling aluminium cor mana pun. Yang terbaik dari semuanya, itu tidak akan membuat lekukan di mana pelat penggerak logam membentur tang atau mengalami kerusakan tang. Perusahaan kopling aftermarket tidak suka membuat keranjang kopling KTM dari aluminium. Mengapa tidak? Terutama karena stok keranjang KTM terlalu bagus dan praktis karena tidak tersedia roda gigi utama yang dipasang dengan baut. Hinson memang membuat keranjang kopling baja untuk YZ450F dan CRF450, tapi itu karena mereka bisa menggunakan gigi primer stok.

Silinder master Magura jadul membutuhkan oli mineral, bukan minyak rem. Ini akan diembos pada tutup master silinder jika diperlukan, tetapi sistem oli mineral ini hanya ada pada model lama..

Cairan kopling. Kopling KTM/Husky/GasGas bisa menggunakan minyak rem Dot 4 atau Dot 5.1. Beberapa cengkeraman hidrolik Magura yang lebih tua membutuhkan minyak mineral daripada minyak rem, tetapi jika demikian, itu akan diembos pada reservoir master-silinder C.

Previous articleJuara di Indianapolis, Hunter Lawrence Buktikan Konsistensi Performanya
Next articleMengapa Sukses Roczen Terbilang Kemenangan Emosional Suzuki? Berikut Penjelasannya

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here