NEWS.VMX.ID – Pada artikel sebelumnya, VMX.ID telah membahas 4 cara yang dapat Anda lakukan untuk menghasilkan uang dari balap dirt bike. Jika sang pebalap masih tergolong amatir, tentu uang yang dihasilkan relatif kecil. Sementara jika sang pebalap ingin dapat menghasilkan uang dengan jumlah lebih besar, maka sang pebalap harus menjadi pebalap profesional.

Untuk bisa menjadi pebalap dirt bike profesional, tentu Anda harus berlatih lebih giat dan keras. Namun berlatih dengan giat dan keras saja tidak cukup untuk bisa menjadi pebalap dirt bike profesional, Anda harus memerhatikan langkah-langkah lain supaya Anda sah disebut sebagai pebalap dirt bike profesional. 

Apa saja langkah-langkah tersebut? Lakukan 5 cara ini sehingga Anda dapat menjadi pebalap dirt bike profesional:

1. Dapatkan Bimbingan Pelatih

Pelatih berperan penting dalam mendukung profesionalitas pebalap dirt bike (image source: maxoff-road.com)

Seorang pebalap profesional, apapun bidang balapnya, tentu karirnya tidak akan bagus dan mulus apabila tidak ada bimbingan dan ilmu dari pelatih mereka. Peran pelatih tentu sangat besar untuk membantu para pebalap supaya menjadi yang terdepan di setiap karirnya.

Maka dari itu, Anda harus mendapatkan bimbingan dan ilmu dari pelatih yang “bukan sembarang pelatih”. Anda harus mendapatkan pelatih yang sudah punya nama di bidang balap dirt bike dengan profesionalitas, jam terbang, pengalaman, serta relasi yang luas dan tinggi.

Pelatih Anda ini kemudian tidak hanya akan mengajarkan Anda tentang teori dan praktek balap, tetapi juga akan memberikan regulasi seperti latihan fisik, jadwal keseharian, hingga meng-handle regulasi dalam kompetisi balap dirt bike yang Anda ikuti.

2. Siapkan Pit Crew

Pit crew adalah seseorang yang paling mengerti teknis kendaraan yang digunakan ketika balap (image source: mxpmag.com)

Pit crew adalah seseorang yang akan mendukung seorang pebalap dalam urusan kendaraan yang digunakan. Dialah yang paling mengerti bagaimana kendaraan tersebut dapat bekerja sebagaimana mestinya ketika digunakan saat balapan. Tanpa adanya pit crew, karir sang pebalap tidak akan bisa berjalan dengan mulus ketika berkompetisi balap.

Anda dapat menjadikan saudara atau teman Anda yang mengerti tentang teknis dirt bike sebagai pit crew yang mendukung Anda ketika balapan. Berangkat dari situ, Anda juga akan mendapatkan berbagai pengetahuan tentang teknis dirt bike sehingga tidak menutup kemungkinan Anda bisa menjadi pit crew untuk diri Anda sendiri ketika balap. 

3. Siapkan Asuransi Medis

Kecelakaan yang terjadi saat balap dirt bike akan ter-cover dengan asuransi (image source: wired.com)

Ketika Anda balap dirt bike, Anda akan menghadapi berbagai jalur ekstrem yang akan menghambat Anda dalam mencapai tujuan. Tidak akan menutup kemungkinan Anda akan mengalami kecelakaan akibat jalur ekstrem yang Anda tempuh. 

Maka dari itu, selain Anda harus menyiapkan berbagai perlengkapan dengan perlindungan maksimal ketika balap, Anda juga harus menyiapkan asuransi medis. 

Sebagai seseorang yang menggeluti olahraga ekstrem, wajib hukumnya jika Anda memiliki asuransi medis. Asuransi medis tersebut akan meng-cover Anda dan pebalap lain apabila mengalami kecelakaan di saat balap berlangsung. 

4. Perluas Relasi

Untuk menjadi pebalap profesional Anda butuh relasi yang luas (image source: otorider.com)

Ini adalah poin yang paling penting, untuk mendukung profesionalitas Anda dalam dunia balap dirt bike tidak cukup hanya dengan berlatih lebih keras dan giat, tetapi juga Anda harus memiliki relasi yang luas dan bagus dengan setiap orang, baik yang berhubungan dengan balap maupun luar balap. 

Anda harus mampu memperluas relasi Anda mulai dari mekanik, sesama pebalap, penyelenggara event balap, dan lain sebagainya. Dengan Anda punya relasi yang luas, Anda akan semakin punya nama di dunia balap dirt bike dan dapat saling membutuhkan satu sama lain. 

5. Dapatkan Sponsorship 

Sponsor yang bagus akan mendukung jam terbang Anda sebagai pebalap lebih tinggi (image source: blog.rekluse.com)

Ketika Anda sudah punya nama dengan pengalaman dan jam terbang yang sangat bagus, Anda harus mulai mendapatkan sponsor untuk mendukung profesionalitas Anda di dunia balap dirt bike

Anda bisa memulai mendapatkan sponsor dari brand kecil terlebih dahulu sebelum beranjak ke brand dengan nama yang lebih besar. Apabila Anda dapat membuktikan bahwa Anda memang pebalap yang layak, Anda dapat menjalin kerjasama panjang dengan sponsor tersebut.

Kesimpulan 

Untuk menjadi pebalap dirt bike profesional, Anda tidak hanya butuh berlatih dengan giat dan keras, tetapi Anda juga perlu komitmen, dedikasi, serta loyalitas tinggi terhadap dunia dirt bike. Dan yang paling penting, Anda harus memiliki ambisi yang tinggi untuk menang. 

Previous articleIMI Jabar Adakan Rakerprov dan IMI Jabar Awards untuk Memajukan Industri Otomotif di Jawa Barat
Next articleIntip 5 Tips Memilih Knalpot Racing untuk Motor Trail Anda

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here